Mencari Email yang Telah diHapus

Ditulis oleh: -
Mencari Email yang Telah diHapus
Email terkadang tidak selalu berisikan informasi yang kita butuhkan. Tak jarang, email hadir di inbox malah berwujud sebuah virus atau spam. Langkah wajib yang harus dilakukan adalah menghapusnya. Namun, tak jarang email yang telanjur dihapus dicari oleh penggunanya. Entah itu karena keteledoran si pemilik akun email atau memang sengaja ingin mencari email yang telah dihapus.

Mencari Email yang Telah diHapus
Sebuah email layaknya sebuah surat. Berisi sebuah kabar yang dituliskan di media tertentu dan dikirimkan. Ketika email tersebut tidak berguna, akan dibuang. Ketika si pemilik ingin mencari email yang telah dibuang, tinggal mencarinya di tempat pembuangan. Namun, bagaimana jika tempat pembuangan (kotak sampah) tersebut telah dikosongkan?

Mencari Email yang Telah diHapus
Kotak Sampah
Bagaimana mencari email yang telah dihapus jika kotak sampahnya telah kosong? Banyak pertanyaan seputar masalah ini. Namun, banyak pula yang kecewa karena tidak ada jalan keluarnya. Kotak sampah atau sering disebut recycle adalah tempat sementara sampah-sampah sebelum dibuang ke "kotak sampah" yang sesungguhnya.

Mencari Email yang Telah diHapus
Jika sampah itu masih di recycle, tentu masih bisa diolah. Bisa didaur ulang. Kita bisa mencari email yang telah dihapus di kotak sampah tersebut (recycle). Namun, jika recycle telah dikosongkan, kita tidak bisa mengembalikan email yang telah dihapus. Anda terpaksa harus menggigit jari.

Mencari Email yang Telah diHapus
Ibarat orang buang sampah di kotak sampah, lantas kotak sampah itu isinya telah dibakar. Tentu kita tidak bisa mengembalikan sampah-sampah yang telah dibakar itu menjadi utuh lagi, bukan?

Mencari Email yang Telah diHapus
Solusi
Lantas, bagaimana solusinya? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencari email yang telah dihapus. Solusi ini bisa disebut solusi pencegahan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Mencari Email yang Telah diHapus
Jika telanjur dihapus atau kotak sampah dikosongkan, tentu email yang telah dibuang ke kotak sampah akhir tidak dapat dipulihkan. Salah satu cara logis untuk mendapatkannya kembali adalah meminta kepada pengirimnya untuk mengirimkannya kembali.

Mencari Email yang Telah diHapus
Coba ingat-ingat siapakah pengirimnya. Jika Anda memakai akun Gmail, rentetan email yang masuk pasti akan ada conversation-nya sehingga akan terdeteksi siapa pengirim email tersebut meskipun Anda lupa.

Mencari Email yang Telah diHapus
Jika Anda benar-benar lupa, coba tanyakan ke teman-teman Anda. Apakah ada yang mengirimkan email kepada Anda baru-baru ini? Ingat-ingatlah apakah baru-baru ini Anda mengikuti program atau komunitas atau acara di internet yang mengharuskan pengiriman email?

Mencari Email yang Telah diHapus
Untuk mencegah penghapusan terulang, dalam mengosongkan kotak sampah, lakukan secara berkala. Jangan langsung mengosongkan kotak sampah seketika itu juga saat Anda menghapus email. Cermati baik-baik email yang akan Anda hapus. Apakah itu email benar-benar email tak penting atau spam. Jika yakin, hapuslah.

Secara logika memang tak mungkin rasanya jika kita bisa mengembalikan email yang telah dihapus. Kecuali, jika Anda adalah hacker andal yang mampu menjebol server Gmail atau YahooMail, mungkin email Anda yang telah dihapus itu bisa untuk dikembalikan. Namun, cara itu rasanya mustahil. Jangan berharap untuk bisa membobol server dua penyedia layanan email di dunia tersebut

1 komentar:

  1. oke mas postingannya.
    silahkan kunjungi blog ane sekedar bantu teman mungkin blog ane bisa bantu blog anda. he he he
    terima kasih

    BalasHapus